Tuesday, August 14, 2018

PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI BERBAGAI GENERASI

PERKEMBANGAN KOMPUTER DARI BERBAGAI GENERASI

a


Komputer Generasi Pertama

           pada awalnya komputer generasi pertama digunakan untuk kegiatan perang dimana negara negara yang mengikuti perang berlomba lomba meningkatkan komputer mereka untuk membantu mereka dalam perang tersebut.

Image result for komputer z3
komputer Z3
sumber : eduinf.waw.pl
Pada tahun 1941 seorang insinyur asal Jerman bernama Konrad Zuse membangun sebuah komputer dengan nama Z3 yang tugas awalnya untuk mendisain pesawat terbang dan peluru kendali. Pada tahun 1943, Inggris berhasil membuat sebuah komputer pemecah kode rahasia yang bernama Colossus yang berguna memecahkan kode rahasia yang digunakan oleh Jerman, keberadaan mesin ini baru diketahui satu dekade setelah perang.
Image result for konrad zuse
Konrad Zuse
sumber : www.siemens.com

Amerika tidak ingin kalah dengan kemajuan ini sehingga seorang insinyur Harvard bernama Howard H. Aiken bekerja sama dengan IBM dan berhasil menghasilkan sebuah kalkulator elektronik untuk US Navy yang ukuran panjangnya setengah lapangan sepak bola dan juga memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. Komputer itu diberi nama The Hard-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator atau Mark I. Mark I menggunakan sinyal elektromagnetik untuk mengerakan komponen mekanik. Mark I memiliki oprasi yang sangat lambat karena ia memerlukan waktu 3-5 detik untuk setiap perhitungan dan aturan kalkulasinya tidak bisa diubah sehingga membuat Mark I tidak fleksibel, tetapi Mark I dapat melakukan perhitungan arimatik dasar dan paersamaan yang lebih kompleks.
Image result for komputer MARC 1
komputer MARC 1
sumber : www.inf.fu-berlin.de
Image result for Howard H. Aiken
Howard H. Aiken
sumber : www.computer.org

Selain Mark I, pada saat itu terdapat perkembangan komputer yang lain yaitu Electronic Numerical Integrator and Komputer atau disingkat ENIAC yang dirancang oleh John Presper dan John W. Mauchly. Mereka berhasil membuat ENIAC berkat kerja sama mereka dengan pemeritah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Komputer EINAC memiliki 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, untuk menghidupkan komputer ini diperlukan daya sebesar 160kW. ENIAC merupakan komputer serbaguna yang mampu bekerja 1000 kali lebih cepat jika dibandingkan dengan komputer Mark I. Pada pertengahan tahun 1940-an, John von Neumann bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usaha menciptakan konsep disain komputer yang sampai 40 tahun yang akan datang masih dapat digunakan dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Komputer atau singkatannya EDVAC pada tahun 1945 dengan sebuah memori untuk menampung tak hannya program tetapi juga data. Cara ini memungkinkan komputer dapat berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya lagi. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Pada tahun 1951, UNIVAC I atau kepanjangannya adalah Universal Automatic Komputer I yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann itu.
Image result for komputer ENIAC
komputer ENIAC
sumber : repeatloop.blogspot.com

Dara beberapa komputer diatas seperti ENIAC, UNIVAC dan UNIVAC I dikatahui bahwa setiap komputer generasi pertama memiliki ciri yaitu Komponen elektronikanya dari tabung hampa, program kode biner yang berbeda yang disebut dengan “bahasa mesin” yang bahasa inggrisnya adalah “machine language” dengan menggunakan kode 0 dan 1 dalam urutan tertentu. Komputer generasi ini membutuhkan tempat yang luas dan memerlukan banyak pendingi karena banyak mengeluarkan panas.

Komputer Generasi Kedua

            Penemuan transistor pada tahun 1948 sangat berpengaruh besar bagi perkembangan komputer kedepannya karena transistor pada saat itu mampu menggantikan tube vakum di televise, radio, dan komputer sehingga ukuran dari mesin mesin elektrik berubah yang awalnya berukuran besar menjadi lebih kecil. Transistor digunakan dalam kompter pada tahun 1956, selain transistor yang membuat ukuran komputer menjadi kecil, penemuann lainnya yaitu berupa pengembangan memori inti-magnetik yang membuat ukuran komputer pada generasi kedua menjadi lebih kecil lagi, lebih cepat, lebih dapat diandalkan dan membutuhkan daya yang lebih kecil dari generasi sebelumnya. Mesin perama yang menggunakan teknologi ini adalah superkomputer yang diciptakan oleh IBM yang diberi nama stretch dan Sprey-Rand yang membuat komputer bernama LARC. Awalnya komputer ini dikembangkan untuklaboratorium energy atom karena komputer ini dapat menangani sejumlah data yang besar hal ini sangat dibutuhkan oleh peneliti atom

Image result for komputer LARC
komputer LARC
sumber : tkj.smkn1-purwodadi.net
Mesin LARC sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga kepopulerannya menjadi terbatas. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan ; yaitu satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya ada di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua ini telah menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner.

Kemudian pada awal tahun 1960-an, mulailah bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya telah menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat terhubung dengan komputer pada saat ini seperti printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Sebagai salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar memakai komputer generasi kedua sebagai alat untuk memproses informasi keuangan perusahaan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja komputer dengan harga yang pantas bagi pembisnis yang membutuhkan komputer.

Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language disingkat COBOL dan Formula Translator disingkat FORTRAN, telah mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. kemudian muncullah Berbagai macam karir baru di bidang komputer seperti programmer, analyst, teknisi komputer dan lain-lain. Industri perangkat lunak pun juga mulai bermunculan dan berkembang pada generasi kedua komputer ini.

Komputer Generasi Ketiga


Image result for komputer generasi ketiga
komputer generasi ke-3
sumber : www.teqnoparadise.com

                Pada saat ini ada satu hal yang muncul dimana transistor yang sebelumnya menjadi andalan dalam komponen penyusun komputer ternyata memiliki kelemahan yaitu transistor menhasilkan panas yang cukup besar sehingga dapat berpotensi merusak bagian bagian internal komputer. Beruntung pada saat itu seorang insinyur di Texas Instrument mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC) di tahun 1958. IC mengkombinasi tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Dari proyek ini para ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen komponen ke dalam suatu xhip tunggal yang disebut semi konduktor, alhasil ukuran komputer semakin kecil dari komputer sebelumnya karena komponen kmponen yang sebelumnya bergantung pada transistor telah diganti dengan chip yang ukurannya lebih kecil. Salah satu keunggulan komputer generasi keiga adalah selain lebih kecil ukurannya hal lainnya adalah di dalam komputer generasi generasi ketiga telah terpasang system informasi yang sebelumnya dari komputer yang berukuran besar dan akhirnya diterapkan pertamakali ke komputer generasi ketiga yang ukurannya lebih kecil.

Jika dibandingkan dengan komputer generasi pertama, komputer generasi ke tiga yang menggunakan IC kinerjanya semakin cepat dan tepat di bandingkan komputer generasi pertama dan hamper 10.000 kali lebih cepat. Komputer generasi ketiga juga mengalami peningkatan dari sisi software, memiliki memori lebih besar dan mampu menyimpan ratusan ribu karakter yang sebelumnya hanya mampu menimpan puluhan ribu saja, daya yang digunakan lebh sedikit dari generasi sebelumnya dan harganya lebih murah pula. Komputer pada generasi ketiga juga mampu melakukan multiprocessing dan multitasking lebih baik dan juga telah meggunakan terminal visual display dan dapat mengeluarkan suara.

Komputer Generasi Keempat


Image result for komputer IBM 370
komputer Apple II
sumber : edblack-ophie.blogspot.com

            Pada komputer generasi keempat ini bedanya dengan generasi ketiga adalah bahwa IC pada generasi keempat lebih kompleks dan terintegrasi. Sejak tahun 1970 ada dua perkembangan yang dianggap sebagai komputer generasi IV. Pertama, penggunaan Large Scale Integration (LSI) yang disebut juga dengan nama Bipolar Large Large Scale Integration. LSI merupakan pemadatan beribu-ribu IC yang dijadikan satu dalam sebuah keping IC yang disebut chip. Istilah chip digunakan untuk menunjukkan suatu lempengan persegi empat yang memuat rangkaian terpadu IC. LSI kemudian dikembangkan menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) yang dapat menampung puluhan ribu hingga ratusan ribu IC. Selanjutnya dikembangkannya komputer mikro yang menggunakan mikroprosesor dan semikonduktor yang berbentuk chip untuk memori komputer internal sementara generasi sebelumnya menggunakan magnetic core storage.

Penemu dari microprocessior yaitu Gordon Moore dari perusahaan intel pada tahun 1971 memperkenalkan miktokomputer 4 bit yang menggunakan chip prosessor yang bernama 4004 yang berisi 230 transistor yang berjalan pada 108KHz dan dapat mengeksekusi 60.000 operasi per detik. Pada tahun 1972 intel memperkenalan mikrokomputer 8008 yang memproses 8 bit informasi pada satu waktu. Mikrokomputer 8008 memiliki kemampuan lebih cepat disbanding mikrikomputer 4004. Saat memasuki mikrokomputer 8008 tampilan monitor hanya memiliki satu warna yaitu hijau.

Contoh contoh komputer pada kenerasi keempat adalah IBM 370, Apple I dan Aple II yang menggunakan prosessor intel 8080. Komputer di generasi keempat menggunakan system operasi CP/M atau Control Program for Microprocessor. Salah satu contoh lagi adalah I Komputer yang dikembangkan Steve Qozinak dan Steve Jobs dengan cara memasukkan microprocessor pada circuit board komputer. Komputer semakin berkembang salah satunya spesifikasi dari Apple II-e yang menggunakan processor 6502R dan RAM sebesar 64 Kb.

Komputer Generasi kelima


Image result for komputer generasi kelima
komputer generasi ke-5
sumber : infokomputerrakitan.blogspot.com

      Pada saat ini generasi komputer telah memasuki tahap pembangunan dalam teknologi berdasarkan kecerdasan buatan. Tujuan dari pengembangan komputer generasi kelima ini adalah menghasilkan sebuah komputer yang mampu merespon dengan input bahasa yang kita ucapkan dan memiliki kemampuan untuk mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan dirinya sendiri.
Komputer kuantum, molekuler dan nanoteknologi menjadi kunci dari teknologi komputer generasi ini. Jadi boleh dikatakan bahwa komputer generasi ini akan memiliki kecerdasan layakanya kecerdasan pada manusia. Pada saat ini kecerdasan buatan memang sedang marak maraknya, banyak perusahaan IT yang berlomba lomba memajuakn teknologi mereka dibidang kecerdasan buatan karena hal itu dapat membantu pengguna.

No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CONTOH BAHASA PEMROGRAMAN

Sumber pihak ketiga        Bahasa pemrograman adalah Bahasa yang dapat menginstruksikan sebuah komputer untuk memerintah komputer m...