Thursday, January 10, 2019

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CONTOH BAHASA PEMROGRAMAN

Gambar terkait
Sumber pihak ketiga



       Bahasa pemrograman adalah Bahasa yang dapat menginstruksikan sebuah komputer untuk memerintah komputer menjalankan suatu fungsi maka dari itu bahasa pemrogramana sering dibilang Bahasa komputer. Bahasa komputer mengandung aturan atau sintaks yang digunakan untuk mendefinisikan program yang ada di komputer.

FUNGSI BAHASA PEMROGRAMAN

       Pada dasarnya bahasa pemrograman adalah Bahasa yang berfungsi sebagai pembhubung antara bahasa manusia dan Bahasa mesin yang hanya mengerti 1 dan 0 atau ya dan tidak. Dikarenakan Bahasa pemrograman hakikatnya sebagai penghubung 2 bahasa maka bahasa pembrograman harus memiliki patokan untuk menerjemahkan antar bahasa tersebut. Patokan itulah yang tadi disebutkan sebagai aturan atau sintaks.

TINGKAT BAHASA PEMROGRAMAN
Hasil gambar untuk computer language
Sumber pihak ketiga
      Karena bahasa ini adalah “bahasa penghubung” maka terdapat beberpa tingkatan berdasarkan kedalaman Bahasa mesin yang digunakan.

                1. Bahasa tingkat tinggi

       Bahasa tingkat tinggi adalah dimana Bahasa yang digunakan untuk memrogram sebuah komputer masih mendekati bahasa manusia sehingga kesulitan dalam memahami bahasa ini masih kecil. Contohnya visual basic, pascal, java dan PHP.

                2. Bahasa tingkat menengah

     Bahasa tingkat menengah adalah Bahasa pemrograman dimana bahasa yang digunakan untuk memrogram sebuah komputer lebih tinggi dari pada Bahasa tingkat tinggi. Bisa dibilang di dalam tingkat ini sudah mulai terasa dan keliatan Bahasa mesin-nya sehingga bahasa tingkat ini sudah agak jauh dari Bahasa manusia. Contohnya C.

                3. Bahasa tingkat rendah

        Bahasa tingkat rendah ini bisa dikatakan adalah tingkat Bahasa yang paling mendekati bahasa mesin sehingga Bahasa ini sudah cukup jauh dari bahasa manusia. Contohnya assembly.

MACAM-MACAM BAHASA PEMROGRAMAN

       Dari Bahasa-bahasa yang disebutkan di contoh atas, tentunya masih banyak Bahasa pemrograman lainnya. Banyaknya bahasa pemrograman yang ada memiliki fungsi dan tujuan masing masing ada yang berfokus pada web hingga pemrograman aplikasi.

HTML/CSS
Gambar terkait
Sumber pihak ketiga
      HTML adalah bahasa web dasar dimana berguna untuk membuat dan mengisi isi dari suatu web sedangkan CSS lebih berfokus pada pembuatan tampilan, atau bisa juga dibilang CSS berguna untuk memperindah tampilan dari HTML.

JavaScript
Hasil gambar untuk javascript language logo
Sumber pihak ketiga
      JavaScript adalah Bahasa pemrograman dimana berfungsi sebagai interaktif pengguna web dan aplikasi. Basaha ini berfokus pada bagaimana pengolahan data masukan dari pengguna dan bagaimana untuk menampilkan data yang selesai diolah.

PHP
Hasil gambar untuk PHP language logo
Sumber pihak ketiga
    Bahasa PHP adalah Bahasa yang berfokus pada pegolahan web, lebih tepatnya mengembangkan halaman web dinamis dimana berguna untuk mempersingkat kode dalam web kerana Bahasa ini dapat menulis seperangkat aturan untuk mengakses dan menampilkan infromasi dan database suatu halaman sehingga programmer hanya cukup memanggil masing masing halaman jika dibutuhkan.

C, C # dan C++
Hasil gambar untuk C language logo
Sumber pihak ketiga
      Bahasa C pada dasrnya adalah Bahasa yang digunakan untuk produk Apple. Berbeda dengan C yang berguna untuk pemrograman produk apple, C # atau Csharp adalah bahasa ciptaan Microsoft dalam kerangka NET yang berguna untuk pemrograman prduk windows. Sedangkan C++ adalah Bahasa C yang ditambah dengan fitur berorientasi objek. Bahasa C++ dapat mempermudah pemahaman mengenai Bahasa C dan C #.

JAVA
Hasil gambar untuk java language logo
Sumber pihak ketiga
      Java adlaah Bahasa komputer dimana lebih bergina untuk pemrograman dari sistem operasi Android, oleh sebabitu bahasa ini sering digunakan oleh Google untuk memrogram sistem Android.


      Sekian penjelasan serba serbi bahas pemrograman semoga dapat menambah wawasan para pembaca sekalian. Untuk penjelas mengenai generasi kompiter dan bahasa pemrograman komputer dapat dilihak ti postingan sebelumnya.

No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CONTOH BAHASA PEMROGRAMAN

Sumber pihak ketiga        Bahasa pemrograman adalah Bahasa yang dapat menginstruksikan sebuah komputer untuk memerintah komputer m...