Wednesday, August 15, 2018

PERBEDAAN DAN FUNGSI VGA, RAM DAN ROM

PERBEDAAN DAN FUNGSI VGA, RAM DAN ROM

Hai.. Halo selamat datang di blog milandikatech. kali ini saya akan memberi informasi mengenai apa sih perbedaan VGA, RAM dan ROM. topik ini saya angkat dan bahas karena masih banyak orang yang belum terlalu paham mengenai 4 hal ini. tenang di blog ini kalian akan saya beri informasi mengenai 3 hal diatas.

1. Video Graphics Accelerator (VGA)

Image result for VGA addon
VGA
sumber : idamyangdulu.blogspot.com

          VGA atau Video Graphics Accelerator adalah sebuah perangkat keras dimana tujuan utamanya adalah mengolah grafik yang akan ditayangkan ke monitor, jadi bagus tidaknya kualitas gambar yang ditampilkan di monitor tergantung pada jenis VGA yang tersedia. Bagaimana cara kerjanya? cara kerja dari VGA adalah data grafis yang didapat yang akan ditampilkan pada monitor akan masuk kedalam VGA, di dalam VGA ini terdapat sebuah alat atau chip yang disebut dengan GPU (Graphics Processing Unit). Nah terus apa fungsi dari GPU dan apa perbedaannnya dengan VGA? GPU berfungsi untuk memproses data-data grafis yang akan ditayangkan ke monitor, GPU berada di dalam bagian RAM sehingga bisa dikatakan bahwa, GPU adalah sebuah alat yang bekerja untuk memproses grafis sedangkan RAM adalah tempat atau wadah GPU untuk bekerja atau juga bisa dikatakan bahwa GPU adalah otak dari VGA itu sendiri. Data-data yang telah diproses oleg GPU nantinya yang akan dikeluarkan atau ditampilkan ke layar.

VGA terdapat 2 jenis yaitu VGA yang telah tergabung pada motehboard (VGA on-board) dan VGA yang terpisah dari motehrboard (VGA add-on)

a) VGA on-board
VGA ini adalah VGA yang dari pabriknya telah dipasang bergabungan dengan moterboard sehingga VGA ini tidak membutuhkan slot khusus. Pada komputer, VGA on board memiliki perwatan yang gampang dan harganya yang murah,  VGA yang langsung terpasang pada motherboard ini tidak bisa memproses grafis grafis yang berat seperti grafis 3D, VGA ini umumnya digunakan untuk memproses kualitas grafis yang rendah terlebih lagi kerja dari VGA ini membutuhkan memori dari komputer itu sendiri. tetapi jika bicara masalah laptop, VGA yang diberikan dapat memilii kualitas yang mempuni tetapi tetap, kelemahannya yaitu tidak bisa dicopot jika di laptop.

Image result for vga onboard
VGA on-board
sumber : tamparibet.blogspot.com

b)VGA add-on
VGA ini adalah VGA yang terpisah dari motherboad sehingga VGA jenis ini dapat dipasang dan dicopot sesuai kemauan, VGA ini membutuhkan slot khusus yang menampung VGA itu sendiri. Kerja dari VGA jenis ini tidak membutuhkan atau menggunakan memori dari komputer (RAM) sehingga komputer tidak berat saat VGA ini bekerja, hal ini dapat terjadi karena didalam VGA ini sudah terpata memori sendiri untuk tempat bekerja. VGA jenis ini lah yang biasanya diperjual belikan di toko-toko atau yang lebih familiar di telinga anda dan juga VGA ini lebih mahal dari pada jenis VGA on-board.

Image result for vga add on
VGA add-on
sumber : idamyangdulu.blogspot.com

2. Random Access Memory (RAM)

Image result for RAM
RAM
sumber : www.amazon.co.uk

RAM adalah sebuah perangkat keras dimana berfungsi sebagai memori atau tempat penyimpanan sementara. maksutnya apa penyimpanan sementara itu? jadi maksud dari penyimpanan sementara adalah RAM akan menyimpan kinerja dari sebuah program yang sedang berjalan, jadi semisal kalian sedang membuka aplikasi A, maka RAM akan menyisihkan kapasitasnya sebesar seberat apa aplikasi A itu bekerja, sehingga jika semakin berat aplikasinya maka semakin besar juga kapasitas RAM yang dibutuhkan. atau contoh simpelnya lagi, misal saya memiliki komputer dengan kapasitas RAM 4 Gb, dan saya ingin membuka atau memainkan aplikasi A, sedangkan aplikasi A itu untuk berjalan memerlukan kapasitas RAM sebesar 2 Mb, maka RAM akan menyisihkan 2 Mb-nya untuk menjalankan aplikasi A. jadi semakin banyak aplikasi yang berjalan disaat bersamaan maka semakin penuh juga kapasitas yang harus disediakan oleh RAM. hal yang akan terjadi jika kapasitas RAM terpakai semua atau penuh adalah terjadi lemot atau lelet pada aplikasi atau bisa juga tidak bisa berjalan atau macet. tetapi jika semua aplikasi itu ditutup atau perangkatnya di restart maka RAM akan kembali kosong atau memiliki ukuran kapasitas semula.

RAM memiliki banyak jenis tetapi jenis yang paling terkenal adalah jenis DDR SDRAM. apa itu DDR? DDR  (Double Data Rate) adalah salah satu jenis dari RAM yang populer, dimana jenis RAM ini adalah perkembangan dari jenis RAM sebelumnya seperti SDRAM. kelebihan dai DDR SDRAM adalah pemrosesan yang lebih cepat dikarenakan pada jenis DDR, penyimpanan menggunakan frekuensi secara total (frekuensi negatif dan positif) berbeda dengan generasi sebelumnya yang hanya menggunakan frekuensi positif saja. jenis DDR SDRAM pada saat ini selelu berkembang, mulai dari DDR2 SDRAM, DDR3 SDRAM hingga DDR4 SDRAM yang tentu saja semakin tinggi jenis DDR-nya maka semakin berkuranya kebutuhan akan daya dan tentu akan semakin efektif pula.

jika anda ingin lebih mengetahnui mengenai kemampuan DDR maka simaklah paragraf ini, jika tidak langsung lompat keparagraf berikutnya. jadi setiap RAM membutuhkan suatu frekuensi dan voltase. voltase pada RAM berasal dari transistor yang berguna untuk membuat RAM itu bekerja, bayak atau tinggi RAM sangat berbeda di setiap jenis RAM termasuk jenis DDR.  misalnya perbandingan DDR2 dengan DDR3, pada jenis RAM DDR2 memrlukan voltase sebesar 1.8V-1.9V sedangkan untuk DDR3 voltasenya hanya sebesar 1.35V-1.5V, hal itu dapat terjadi karena transistor yang dimiliki RAM DDR2 dan DDR3 berbeda, transistor pada DDR3 memiliki jenis "Dual-gate" yang membuat kebutuhan voltase semakin rendah. dan untuk masalah kecepatan transfer (bandwidth), bandwidth pada DDR2 hanya sebesar 3,2 Gb/s sedangkan untuk DDR3 sebesar 6,4 Gb/s yang tentu membuat kecepatan penggunaan atau pengoperasian semakin cepat.

RAM juga memiliki slot khusus yang menmpung RAM, jadi semakin banyak slot yang tersedia makan semakin banyak pula RAM yang dapat terpasang. misalnya didalam sebuah laptop terdapat tulisan 2 slot RAM, maka kita dapat memasang 2 RAM sekaligus, jika saya memasang masing masing RAM berkapasitas 4 Gb maka total kapasitas RAM yang ada sebesar 8 Gb.

3.Read-Only Memory (ROM)

Image result for ROM
ROM
sumber : www.bhphotovideo.com

ROM atau Read-Only Memory adalah suatu perangkat keras dimana berfung sebagai sarana penyimpanan utama pada setiap perangkat. jadi bisa dikatakan ROM adalah tempat atau wadah kita untuk menampung berbagai macam data, aplikasi hingga sistem. tetapi ROM hanya sebatas menyimpan saja atau bisa dikatakan hanya membaca saja. seperti kepanjangannya yaitu Read-Only maka ROM tidak bisa menjalankan semua data, aplikasi maupun sistem yang tersimpan. 

Nah di poin ini lah perbedaan RAM dan ROM. Rom hanya menyimpan atau menyediakan data-data atau informasi saja, sedangkan bagian untuk menjalankan suatu data atau informasi maka RAM lah yang lebih bekerja. ibaratkan ROM adalah lemari yang memiliki kapasitas yang besar sedangkan RAM adalah saya sendiri, sebuah lemari mampu menyimpan banyak sekali baju, celana, hingga topi milik saya dan bila ibaratkan otak saya adalah CPU, maka otak saya menyuruh saya untuk memakai sebuah setelan pakaian (baju, celana dan topi) tetapi saya memiliki batasan, saya tentu tudak bisa memakai semua baju yang ada di lemari saya, maka dari itu saya memiliki suatu batas pemakaian seperti hanya mampu mengenakan 1 baju, 1 celana dan 1 topi, jika saya ingin memakai jenis topi yang lain maka saya harus meletakkan dulu topi yang saya pakai dan menggantinya dengan topi yang lain. 

nah ibaratkan baju, celana dan topi tersebut sebagai data, aplikasi dan sistem, ROM dapat menyimpan semua jenis tersebut tetapi HANYA SEKEDAR MENYIMPAN, sedangkan RAM dapat menjalankan jenis data tersebut tetapi batasan penyimpanan RAM hanya jika sampai sang CPU memberikan perintah lain untuk keluar sebuah aplikasi atau bisa juga RAM akan secara otomatis menghapus suatu proses yang ada jika diluar kapasitas RAM biasanya jika kondisi RAM sudah penuh dan ternyata dari CPU ada perintah lagi untuk menjalankan suatu program, maka RAM secara otomatis menghapus proses dari program yang lain untuk menjalankan program yang baru (sebagai contoh saat saya ingin menggunakan topi, sedangkan kapasitas kepala saya hanya mampu menggunakan 1 topi maka saya harus menaruh kembali topi yang saya pakai untuk dapat menggunakan topi yang laninnya).


sekian artikel ini saya tulis semoga dapat memberikan informasi dan pemahaman bagi kita. Terima Kasih

No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CONTOH BAHASA PEMROGRAMAN

Sumber pihak ketiga        Bahasa pemrograman adalah Bahasa yang dapat menginstruksikan sebuah komputer untuk memerintah komputer m...