Wednesday, January 9, 2019

KEUNGGULAN LINUX DARI WINDOWS BERDASARKAN BERBAGAI ASPEK




Siapa yang tidak mengenal sistem operasi yang satu ini, memang Namanya tidak setenar windows tetapi sistem operasi yang satu ini memiliki beberapa hal yang bisa dibilang lebih unggul dari pada windows. Sebenarnya ada banyak kelebihan yang dimiliki linux tetapi kali ini saya hanya mengambil garis besar dari seuanya. Berkut kelebihan dari sistem operasi LINUX dari pada windows:

1. Open source
Hasil gambar untuk open source
Sumber pihak ketiga
LINUX memiliki sifat open source yang berarti sistem operasi LINUX dapat dimodifikasi oleh berbagai orang. Hal ini dapat berguna untuk meningkatkan kreatifitas dari pengguna LINUX dimana mereka bebas berkreasi untuk mengubah sistem operasi ini sesuai kehendak mereka. Maka dari itu terciptalah banyak jenis dari LUNIX seperti LINUX ubuntu hingga kali LINUX.

Berbeda dengan windows dimana penggunanya tidak dapat memodifikasi windows dengan leluasa karena yang memiliki control penuh atas sistematika windows adalah perusahaan pengembangnya yaitu Microsoft.

2. Gratis
Hasil gambar untuk free
Sumber pihak ketiga
Hal ini lah yang tentu membuat pembeda yang cukup signifikan dari windows, karena hal ini lah sistem operasi ini bersifat open source. Dengan menggunakan LINUX sang pengguna tidak perlu memikirkan harga yang perlu dibayar untuk mendapatkan yang asli serta pengguna LINUX tidak perlu memikirkan Razia atau sweeping karena LINUX bersifat gratis.

Berbeda dengan windows dimana microsoft masih memaksa penggunanya untuk membeli windows yang harganya aslinya lumayan mahal.  

3. Keamanan
Hasil gambar untuk computer virus protect
Sumber pihak ketiga
Tingkat keamanan yang dimiliki oleh LINUX untuk meminimalisir penyerangan virus lebih baik dari pada yang dimiliki oleh windows. Hal itu dikarenakan LINUX memiliki sifat multiuser dimana virus yang menyerang suatu user sangat sulit untuk merabah ke user lainnya. Orang-orang juga jarang mengetahui scripting pembuatan virus pada LINUX serta sistem operasi ini memiliki sistem maintence yang lebih baik dari pada windows yang membuat pemulihan data yang lebih efektif dan efisien. Hal itulah yang membuat sostem operasi LINUX jarang terkena oleh virus.

Berbeda dengan windows dimana windows rentan terkena oleh virus bahkan masih banyak user yang menginstall softwere antivirus walaupun antivirus bawaan dari windows yaitu windows defender saat ini sudah cukup ampuh menagtasi virus.

4. Stabilitas
Gambar terkait
Sumber pihak ketiga
Stabilitas adalah salah satu lah terpenting dalam sebuah sistem operasi dimana LINUX masih stabil walaupun banyak aplikasi yang berjalan sekaligus, hal ini lah yang membuat LINUX memiliki sifat multitasking dan tidak membuat performa menurun. LINUX juga memiliki sistem dimana jika berhasil menginstalasi suatu program dan perlu melakukan reboot maka sistem akan memberikan pemberitahuan terlebih dahulu kepada pengguna.

Berbeda dengan windows dimana stabilitasnya masih kalah dengan LINUX termasuk disaat multitasking sekalipun dan juga pada windows jika telah berhasil menginstall suatu program dan membutuhkan reboot maka masih banyak saja yang langsung reboot padahal mungkin masih ada pekerjaan yang dilakukan.

5. Komunitas
Hasil gambar untuk community
Sumber pihak ketiga
Dikarenakan sistemnya yang open source maka banyak sekali komunitas yang membahas permasalahan mengenai LINUX, ada yang saling tukar pendapat hingga memberikan penyelesaian dari permasalahan pengguna LINUX yang lain. Hal ini berguna untuk membuat pengguna LINUX bisa lebih memahami apa saja yang dapat dilakukan oleh sistem operasi yang satu ini.

Berbeda dengan windows dimana walaupun ada perkumpulan yang membahas mengenai windows tetapi pembahasannya tidak sebesar dan sedalam LINUX karena yang membuat dan “mengotak-atik” sistem operasi ini bukanlah user tetapi perusahaan Microsoft sehingga pada user hanya menerima hasil jadinya saja.



Berikut beberapa ulasan mengenai keunggulan sistem operasi LINUX dari pada windows. Dari penjelasan diatas maka tidak heran maka banyak perusahaan besar dan supercomputers di dunia lebih memilih menggunakan sistem operasi LINUX. Sekian pembahasan dari saya semoga dapat menjadi refrensi bagi pembaca.

No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CONTOH BAHASA PEMROGRAMAN

Sumber pihak ketiga        Bahasa pemrograman adalah Bahasa yang dapat menginstruksikan sebuah komputer untuk memerintah komputer m...