Sunday, August 26, 2018

CARA KERJA BLUETOOTH


CARA KERJA BLUETOOTH

Logo Bluetooth
sumber : www.howtogeek.com

Apa itu bluetooth?

Bluetooth adalah sebuah teknologi yang tidak asing di telinga kita, karena pada zaman ini banyak sekali peralatan elektronik yang mengunakan teknologi ini untuk menunjang kemudahan bagi penggunanya. Bluetooth adalah teknologi untuk menghubungkan satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa kabel (nirkabel) dengan menggunakan gelombang radio seperti halnya sinyal handphone, televisi hingga Wi-Fi. terus bagaimana cara kerja dari bloutooth itu sendiri?

Bluetooth memiliki sistem radio yang terintegrasi (dapat mengirim atau menrima sinyal) menggunakan gelombang radio untuk berinteraksi dengan perangkat bluetooth lainnya, bluetooth menggunakan frekuensi sebesar 2,4 Ghz sama seperti alat sains dan medis, berbeda dengan frekuensi yang digunakan oleh telepon seluler (GSM = 900-1800 Mhz), sehingga kinerja bluetooth tidak terganggu oleh kinerja telepon seluler atau sebagainya.

Bluetooth memiliki 79 frekuensi atau jalur, jadi jika suatu perangkat ingin berhubungan dengan perangkat lainnya menggunakan bloetooth maka mereka dapat memilih salah satu dari 79 jalur yang tersedia. Pada setiap jalur frekuensi hanya akan menghubungkan 2 perangkat saja, sedangkan bluetooth dapat terhubung dengan 8 perangkat sekaligus dalam waktu bersamaan. 

Bagaimana agar semua perangkat itu tidak bertubrukan?

Setiap jalur frekuensi hanya mampu menghubungkan 2 perangkat, jadi jika suatu perangkat ingin berhubungan dengan perangkat lainnya (lebih dari satu perangkat) maka mereka akan menggunakan salah satu jalur lain dari 79 jalur terebut yang masih kosong, sistem untuk mencari jalur lain yang kosong ini disebut spread-spectrum frequency hopping, sehingga sangat sulit 3 perangkat atau lebih menggunakan 1 jalur yang sama dalam penghubungannya.

Jalur setiap perangkat


jika dibandingkan cakupan sinyal radio yang digunakan oleh bluetooth dengan Wi-Fi, cakupan sinyal radionya tergolong kecil yaitu hanya sekitar 10 meter berbeda dengan Wi-Fi yang mampu hingga 100 meter. sinyal bluetooth ini masih akan tetap berjalan walau terhalang oleh tembok sekalipun. 

Jika kita menghidupkan bluetooth handphone didekat perangkat lain yang memiliki frekuensi yang sama, apakah akan menggangu perangkat lainnya? 

kemungkinan untuk bergesekan sangat kecil karena bluetooth memiliki transmiter yang akan mengubah frekuensi sebanyak 1.600 setiap detik (2,402-2,480 Ghz) sehingga frekuensi yang dimiliki bluetooth dengan frekuensi perangkat lainnya akan sangat sulit untuk sama walaupun secara pendesimalan memiliki frekuensi yang sama (2,4 Ghz).

sekian informasi mengenai cara kerja bluetooth, semoga informasi diatas dapat menambah pengetahuan kalain, bye..


No comments:

Post a Comment

PENGERTIAN, FUNGSI DAN CONTOH BAHASA PEMROGRAMAN

Sumber pihak ketiga        Bahasa pemrograman adalah Bahasa yang dapat menginstruksikan sebuah komputer untuk memerintah komputer m...